Digital Marketing: Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital

By Shafa Athania - April 03, 2021


    Perkembangan teknologi melahirkan banyak tuntutan baru, terutama untuk dunia bisnis. Dunia digital yang berkembang tersebut membuat maraknya orang untuk menggunakan media digital yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan kemajuan teknlogi yang ada dan pada era yang terus berkembang ini para pengusa menggunakan cara baru dalam memasarkan produknyaa yaitu menggunakan pemasaran digital. Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau sebuah promosi dari produk dengan menggunakan/memanfaatkan media digital atau internet. Tujuan dari digital marketing ini adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan cara yang berbeda dan lebih cepat. Karena kini hampir semua masyarakat menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, sehingga digital marketing menjadi pilihan utama bagi para pengusaha atau perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya. Para pengusaha dan perusahaan sangat bersaing dalam membuat konten yang akan ditampilkan ke internet agar konten yang ditayangkan dapat menarik para konsumen dan calon konsumen. Digitalisasi bisnis merupakan salah satu strategi yang efektif dalam menghadapi era revolusi digital 4.0. Dengan menerapkan teknologi digital di bisnis anda, maka anda pun bisa meningkatkan daya saing dan tetap bisa bertahan melawan gempuran teknologi.

    Banyaknya penggunaan digital marketing oleh perusahaan membuktikan bahwa bahwa digital marketing ini mempunyai kelebihan dan manfaat lebih  dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional. Pemasaran digital ini dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu pemasaran digital juga dapat diukur secara langsung dan tepat sehingga dapat dilakukan evaluasi dengan cepat dan jika terdapat kekurangan dapat ditangani dengan segera. Pemasaran digital ini juga mampu menjangkau konsumen dan calon konsumen lebih luas lagi. Produk atau jasa yang ditawarkan dapat lebih diketahui oleh berbagai negaea dengan langkah mudah dengan hanya memanfaatkan internet. Dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, tentu saja pemasaran digital ini jauh lebih murah dan efektif  untuk dilakukan. Biaya anggaran untuk pemasaran dapat dihemat dan pengeluaran akan lebih kecil. Pemasaran digital mampu membantu perusahaan dalam membangun nama brand dengan sangat baik. Masa kini, eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand suatu perusahaan sangatlah penting karena orang akan melakukan pencarian secara online sebelum melakukan pembelian produk,

    Dalam mengembangkan suatu bisnis, hal utama yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran digital ini adalah mencari tahu terlebih dahulu beberapa konsep dari pemasaran digital. Pemasaran digital ini sendiri memiliki beberapa jenis. Seperti Website, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Online Advertising, Email Marketing, dan Video Marketing. Website sangat berperan dalam menunjukan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen untuk mengetahui bisnis yang anda bangun, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. Agar website perusahaan mudah untuk dicari dalam sistem mesin pencari, maka sebagai solusinya perusahaan anda sebaiknya menggunakan Search Engine Marketing. Sehingga jika seseorang melakukan pencarian produk seperti yang anda tawarkan maka produk anda akan ditampilkan teratas dan itu membuat produk anda menjadi pilihan utama bagi para calon konsumen. Jika perusahaan anda ingin menjangkau para anak-anak muda maka perusahaan anda wajib untuk mencoba Social Media Marketing. Perusahaan dapat menggunakan media social seperti Instagram, twitter, facebook bahkan tiktok. Untuk menjangkau para kaum milenial ini perusahaan harus membuat strategi pemasaran yang sedikit berbeda/unik. Seperti menggunakan video, dengan cara ini anda dapat menjelaskan mengenai bisnis anda secara langsung, menjelaskan produk yang ditawarkan dan cara pengunaannya serta menampilkan testimonial dari para pelanggan.

    Setelah mengetahui beberapa konsep dan jenis dari pemasaran digital, perusahaan/pengusaha harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan dalam memasarkan produk. Dalam pemasaran digital ini alat bantu seperti website, akun sosial media, dan blog menjadu aset bagi perusahaan, sehingga harus dipelihara dengan baik. Perusahaan juga harus mempersiapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya yang dapat menarik minat calon pembeli. Serta perusahaan harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang nantinya disesuaikan dengan isi konten yang dibuat. Setelah konten diunggah hal yang harus dilakukan adalah mengevaluasinya agar konten yang dihasilkan dapat memberikan feedback yang baik bagi perusahaan.

    Mengapa digital marketing itu penting, alasan utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya menyasar calon konsumen baru. Apabila konsumen ini tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan laku keras dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi marketing cara lama atau konvensional bisa saja menjangkau pangsa pasar tertentu. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan digital marketing, baik itu melalui website perusahaan, media sosial hingga melalui email marketing. Menggunakan digital marketing juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda. Salah satunya adalah perusahaan akan dipandang semakin kompetitif dalam menghadapi era digital seperti saat ini. Dengan begitu citra perusahaan pun semakin meningkat, bahkan bisa saja menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan kerjasama-kerjasama dengan perusahaan atau mitra bisnis Anda di masa mendatang.

    Pemasaran digital tidak hanya untuk perusahaan besar, bahkan bisnis menengah mulai merasakan tekanan untuk harus berkembang. Namun tentunya ini membawa sejumlah tantangan. Tantangan utama penerapan transformasi digital dalam bisnis adalah kurangnya keterampilan atau pelatihan yang tidak memadai, diikuti oleh tantangan TI atu infrastruktur, ketergantungan terhadap proses sebelumnya, dan kurangnya investasi dalam hal digital. Hambatan untuk mengadopsi digital marketing, adalah seperti : urgensi, komunikasi dan manajemen proyek, penerimaan staf, dan kepemimpinan atau visi. Untuk meningkatkan efektivitas Digital Marketing perusahaan, Anda tentu memerlukan orang-orang dengan kemampuan yang tepat. Pastikan Anda mengidentifikasi dengan teliti orang dengan kemampuan seperti apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini, lalu jangkau mereka di saluran tempat orang-orang tersebut mencari pekerjaan. Gunakan juga kebijakan masa kerja percobaan untuk semakin memastikan kecocokan anggota baru Anda.

    Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang dijual perusahaan Anda, digital marketing masih memerlukan persona customer (gambaran akan target penawaran customer Anda) untuk mengidentifikasi kebutuhan calon customer Anda, dan menciptakan konten online yang menarik dan membantu mereka. Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital dengan cara yang berbeda-beda. Penting untuk diingat bahwa di dunia digital sangatlah luas jadi untuk mendapatkan banyak customer, Anda harus memulai dengan banyak ide pada konten marketing. Pastikan konten marketing berjalan dengan baik dengan, perhatikan juga kompetitor Anda apa saja yang mereka tampilkan pada ide konten. Dan jangan lupa untuk tepat berhubungan dengan calon costumer Anda melalui sosial media marketing karena keduanya saling berhubungan. Dapat dipastikan Anda akan berhasil membuat bisnis yang sukses dengan digital marketing.

    Berdasarkan penjelasan diatas bisnis pada masa kini semakin berkembang, termasuk dalam pemasarannya. Para pengusaha dituntut untuk terus dapat mengikuti perkembangan yang ada agar tetap dapat bertahan dan bersaing. Pengusah dituntut untuk dapat memahami bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai penjuru dunia mempengaruhi pasar domestic dan peluang pencarian terobosan baru, dan bagaimana perkembangan tersebut memengaruhi pola pemasaran perusahaan. Digital marketing ini dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dan relevan untuk diterapkan pada era yang serba modern dan mengglobal ini. Dan tentunya didalamnya terdapat kelebihan dan kekurangan yang harus disikapi dengan baik.

 

https://www.duniakampus40.net/


Sumber :

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

https://elitemarketer.id/productivity/apa-itu-digital-marketing-2/

 

 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar