Digital Marketing: Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital
Perkembangan teknologi melahirkan banyak tuntutan baru, terutama untuk
dunia bisnis. Dunia digital yang berkembang tersebut membuat maraknya orang
untuk menggunakan media digital yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan
kemajuan teknlogi yang ada dan pada era yang terus berkembang ini para pengusa
menggunakan cara baru dalam memasarkan produknyaa yaitu menggunakan pemasaran
digital. Digital Marketing atau
pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau sebuah promosi dari
produk dengan menggunakan/memanfaatkan media digital atau internet. Tujuan dari
digital marketing ini adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan
cara yang berbeda dan lebih cepat. Karena kini hampir semua masyarakat
menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, sehingga digital marketing
menjadi pilihan utama bagi para pengusaha atau perusahaan dalam memasarkan
produk dan jasanya. Para pengusaha dan perusahaan sangat bersaing dalam membuat
konten yang akan ditampilkan ke internet agar konten yang ditayangkan dapat
menarik para konsumen dan calon konsumen. Digitalisasi bisnis merupakan salah
satu strategi yang efektif dalam menghadapi era revolusi digital 4.0. Dengan
menerapkan teknologi digital di bisnis anda, maka anda pun bisa meningkatkan daya
saing dan tetap bisa bertahan melawan gempuran teknologi.
Banyaknya penggunaan
digital marketing oleh perusahaan membuktikan bahwa bahwa digital marketing ini
mempunyai kelebihan dan manfaat lebih dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan
secara konvensional. Pemasaran digital ini dapat dilakukan dengan sangat cepat,
bahkan dalam hitungan detik. Selain itu pemasaran digital juga dapat diukur
secara langsung dan tepat sehingga dapat dilakukan evaluasi dengan cepat dan
jika terdapat kekurangan dapat ditangani dengan segera. Pemasaran digital ini
juga mampu menjangkau konsumen dan calon konsumen lebih luas lagi. Produk atau
jasa yang ditawarkan dapat lebih diketahui oleh berbagai negaea dengan langkah
mudah dengan hanya memanfaatkan internet. Dibandingkan dengan pemasaran secara
konvensional, tentu saja pemasaran digital ini jauh lebih murah dan
efektif untuk dilakukan. Biaya anggaran
untuk pemasaran dapat dihemat dan pengeluaran akan lebih kecil. Pemasaran
digital mampu membantu perusahaan dalam membangun nama brand dengan sangat
baik. Masa kini, eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand suatu perusahaan
sangatlah penting karena orang akan melakukan pencarian secara online sebelum melakukan pembelian
produk,
Dalam mengembangkan
suatu bisnis, hal utama yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan
pemasaran digital ini adalah mencari tahu terlebih dahulu beberapa konsep dari
pemasaran digital. Pemasaran digital ini sendiri memiliki beberapa jenis.
Seperti Website, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Online
Advertising, Email Marketing, dan Video Marketing. Website sangat berperan
dalam menunjukan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen untuk mengetahui
bisnis yang anda bangun, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. Agar
website perusahaan mudah untuk dicari dalam sistem mesin pencari, maka sebagai
solusinya perusahaan anda sebaiknya menggunakan Search Engine Marketing.
Sehingga jika seseorang melakukan pencarian produk seperti yang anda tawarkan
maka produk anda akan ditampilkan teratas dan itu membuat produk anda menjadi
pilihan utama bagi para calon konsumen. Jika perusahaan anda ingin menjangkau
para anak-anak muda maka perusahaan anda wajib untuk mencoba Social Media
Marketing. Perusahaan dapat menggunakan media social seperti Instagram,
twitter, facebook bahkan tiktok. Untuk menjangkau para kaum milenial ini
perusahaan harus membuat strategi pemasaran yang sedikit berbeda/unik. Seperti
menggunakan video, dengan cara ini anda dapat menjelaskan mengenai bisnis anda
secara langsung, menjelaskan produk yang ditawarkan dan cara pengunaannya serta
menampilkan testimonial dari para pelanggan.
Setelah mengetahui
beberapa konsep dan jenis dari pemasaran digital, perusahaan/pengusaha harus
mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan dalam memasarkan produk.
Dalam pemasaran digital ini alat bantu seperti website, akun sosial media, dan
blog menjadu aset bagi perusahaan, sehingga harus dipelihara dengan baik.
Perusahaan juga harus mempersiapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto,
video, tulisan atau yang lainnya yang dapat menarik minat calon pembeli. Serta
perusahaan harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang nantinya
disesuaikan dengan isi konten yang dibuat. Setelah konten diunggah hal yang
harus dilakukan adalah mengevaluasinya agar konten yang dihasilkan dapat
memberikan feedback yang baik bagi perusahaan.
Mengapa digital
marketing itu penting, alasan utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi
dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan
cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru,
bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Tujuan utama dari
marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya menyasar calon
konsumen baru. Apabila konsumen ini tertarik dengan produk yang ditawarkan,
maka akan laku keras dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi
marketing cara lama atau konvensional bisa saja menjangkau pangsa pasar
tertentu. Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan digital marketing, baik
itu melalui website perusahaan, media sosial hingga melalui email marketing. Menggunakan
digital marketing juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda. Salah
satunya adalah perusahaan akan dipandang semakin kompetitif dalam menghadapi
era digital seperti saat ini. Dengan begitu citra perusahaan pun semakin
meningkat, bahkan bisa saja menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan
kerjasama-kerjasama dengan perusahaan atau mitra bisnis Anda di masa mendatang.
Pemasaran digital tidak
hanya untuk perusahaan besar, bahkan bisnis menengah mulai merasakan tekanan
untuk harus berkembang. Namun tentunya ini membawa sejumlah tantangan.
Tantangan utama penerapan transformasi digital dalam bisnis adalah kurangnya
keterampilan atau pelatihan yang tidak memadai, diikuti oleh tantangan TI atu
infrastruktur, ketergantungan terhadap proses sebelumnya, dan kurangnya
investasi dalam hal digital. Hambatan untuk mengadopsi digital marketing,
adalah seperti : urgensi, komunikasi dan manajemen proyek, penerimaan staf, dan
kepemimpinan atau visi. Untuk meningkatkan efektivitas Digital Marketing
perusahaan, Anda tentu memerlukan orang-orang dengan kemampuan yang tepat.
Pastikan Anda mengidentifikasi dengan teliti orang dengan kemampuan seperti apa
yang dibutuhkan perusahaan saat ini, lalu jangkau mereka di saluran tempat
orang-orang tersebut mencari pekerjaan. Gunakan juga kebijakan masa kerja
percobaan untuk semakin memastikan kecocokan anggota baru Anda.
Digital marketing dapat
digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang
dijual perusahaan Anda, digital marketing masih memerlukan persona customer
(gambaran akan target penawaran customer Anda) untuk mengidentifikasi kebutuhan
calon customer Anda, dan menciptakan konten online yang menarik dan membantu
mereka. Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital
dengan cara yang berbeda-beda. Penting untuk diingat bahwa di dunia digital
sangatlah luas jadi untuk mendapatkan banyak customer, Anda harus memulai
dengan banyak ide pada konten marketing. Pastikan konten marketing berjalan
dengan baik dengan, perhatikan juga kompetitor Anda apa saja yang mereka
tampilkan pada ide konten. Dan jangan lupa untuk tepat berhubungan dengan calon
costumer Anda melalui sosial media marketing karena keduanya saling
berhubungan. Dapat dipastikan Anda akan berhasil membuat bisnis yang sukses
dengan digital marketing.
Berdasarkan penjelasan
diatas bisnis pada masa kini semakin berkembang, termasuk dalam pemasarannya.
Para pengusaha dituntut untuk terus dapat mengikuti perkembangan yang ada agar
tetap dapat bertahan dan bersaing. Pengusah dituntut untuk dapat memahami
bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai penjuru dunia mempengaruhi
pasar domestic dan peluang pencarian terobosan baru, dan bagaimana perkembangan
tersebut memengaruhi pola pemasaran perusahaan. Digital marketing ini dapat
menjadi salah satu alternatif yang efektif dan relevan untuk diterapkan pada
era yang serba modern dan mengglobal ini. Dan tentunya didalamnya terdapat
kelebihan dan kekurangan yang harus disikapi dengan baik.
Sumber :
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
https://elitemarketer.id/productivity/apa-itu-digital-marketing-2/
2 komentar
kerenn, terimakasih informasinya
BalasHapusbagus penjelasannya👍🏻
BalasHapus